Home » » KENANGAN INDAH DIATAS KAPAL. KM DORO LONDA MENUJU TANAH KELAHIRAN

KENANGAN INDAH DIATAS KAPAL. KM DORO LONDA MENUJU TANAH KELAHIRAN

Written By Unknown on Sabtu, 01 Juni 2013 | 03.12



KM. DORO LONDA


Kenangan merupakan suatu kisah indah yang pernah lalui sekelompok orang atau individu di suatu perjalanan yang melewati dalam banyak rintangan dan cobaan. Dalam perjalanan kami banyak ide yang tuangkan mengenai suatu pengalaman pada zaman dahulu bersama teman Yulian Tobai seoragng Mahasiswa Uswim Nabire papua (mitos), Ketika beliau dengan saya menetapkan salah satu topik. Cara berfikir zaman dahulu berbedah dengan  zaman sekarang. 

Perbedaan antara dulu dan sekarang sangat jelas dalam arti” Dulu tidak mengenal alat-alat modern sehingga terjadi kekonflikan. (percenkokan,perselisian dan pertentangan) antara satu sama lain, Namun suasana keadaan lingkungan tidak kondusif, Namun zaman dulu bisa dikatakan aman karena mereka menunggu komentar dari kepala suku tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, karena orang-orang pribumi memiliki petensi yang kualitas.

Kita melihat dalam perkembangan sekarang yang terjadi dimana-mana, karena perubahan global dalam arti” zaman modern memiliki dengan alat-alat cangki, oleh karena itu kami bisa menyesuaikan diri melalui pemikiran yang cerdas dan adil dalam pengetahuan yang kita tekuni dari Universitas masing-masing. Suatu pertanyaan yang muncul dalam pada saat berdiskusi dengan beliau”,Mengapa kami sebagai seorang intelektualitas tidak mampu menyelesaian persoalan yang terjadi di kalangan masyarakat maupun kami?................... Dan kenapa kami sebagai seorang intelek tidak bisa mempengaruhui masyarakat supaya masyarakat memiliki berjiwa besar supaya menuju pada kemakmuran dalam lingkungan-Nya?........ 

 Nah kedua pertanyaan yang muncul pada saat yaitu:

a.    Mengapa kami sebagai seorang intelektualitas tidak mampu menyelesaikan persoalan yang terjadi dikalangan masyarakat dan kami.?> Mengakibatkan masalah tersebut bukan karena kami tidak mampu. Tapi kami seorang intelek sesuai dengan ilmu yang kita tekuni itu kami tidak pernah terapkan kepada kalangan masyarakat maupun lingkungan kami sendir sehingga persoalan tidak selesai pada waktu yang tepat. Solusi bagi kami untuk cara menyelesaikan masalah, Mari kita menerapkan apa yang kita miliki dan yang kita dapatkan pengetahuan dari setiap Universitas masing-masing kami untuk mempengaruhi masyarakat dalam moril maupun material untuk menjaga kelestarian, kekompakan dan kesatuan persatuan kepada masyarakat supaya meninggalkan pemikiran pribumi yang merusakan kebersamaan dalam kalangan masyarakat.
b.    Kenapa kami sebagai seorang intelek tidak bisa mempengaruhui masyarakat supaya masyarakat memiliki berjiwa besar supaya menuju pada kemakmuran dalam lingkungan-Nya?> Nah solusi bagi seorang intelek berbicara secara umum. Jangan memihak kepada hanya satu pihak saja, Tapi bagaimana cara untuk menyelesaikan secara aturan yang berlaku  dalam lingkungan masyarakat supaya masyarakat tidak ada salah pahaman antara satu sa.ma lain.

Perkembangan yang terjadi di zaman sekarang berbedah denagn dulu. Dulunya alam papua penuh dengan mitos-mitos. Orang dulu tahu hanya melestarikan budaya yang ada dalam lingkungan/wilayah masing-masing. Namun karena adanya perubahan perkembangan dunia sehingga semua budaya dapat di ketahui melalui alat-alat modern. Salah satunya budaya luar yang masuk di daerah terpencil  sehingga orang dulu terpengaruhi dengan budaya modern (SR).

OLEH,Hengki Kudiai adalah Mahasiswa Kota Studi Manado



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. suara rantauan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger